RSS

Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan


Korea UTARA


Mungkin terlalu sedikit yang bisa diketahui oleh dunia luar tentang kehidupan masyarakat di negara Republik Rakyat Demokratik Korea. Seperti negara penganut ideologi komunis lainnya, negara yang lebih dikenal dengan sebutan Korea Utara ini pun cenderung menutup diri terhadap sorotan pers internasional. Sikap ini jelas jauh berbeda dengan negeri saudaranya yang ada di selatan, Korea Selatan.

Meskipun cenderung terisolir dari publikasi, tapi selalu saja ada orang yang berhasil mendapatkan informasi secara langsung tentang kehidupan masyarakat di Korea Utara. Misalnya seperti yang sudah dilakukan oleh Ian Scot. Blogger asal negeri Inggris ini mencoba mengunjungi 100 negara di berbagai belahan dunia. Diantara negara-negara yang dikunjunginya, Ian merencanakan tinggal atau menetap lama di 20 negara. Dan salah satunya adalah Korea Utara.

Ada beberapa hal-hal unik dan aneh tentang kehidupan masyarakat di Korea Utara yang mungkin jarang diketahui oleh dunia luar. Bagi Ian Scot sendiri, fakta-fakta itu cukup membuatnya terkejut. Adalah wajar jika kemudian ia mempublikasikannya pada personal weblog yang dikelolanya. Hal-hal unik dan aneh di Korea Utara itu dapat kita baca dibawah ini.

Di Korea Utara tidak ada orang yang bersiul

Bahkan dikabarkan banyak orang Korea Utara yang memang tidak bisa bersiul. Ketika Ian Scot menanyakan hal itu kepada para siswa sekolah disana, mereka menjawab bahwa bersiul adalah hal yang dianggap tabu di negara itu.

Tidak boleh menulis menggunakan tinta berwarna merah
Di Indonesia sering juga kita menjumpai kebiasaan untuk melarang menggunakan tinta berwarna merah saat menulis. Umumnya karena dianggap tidak sopan. Tapi tinta merah di Korea Utara hanya boleh digunakan untuk menulis nama-nama orang yang sudah meninggal dunia

Ada chanel TV yang khusus menayangkan permainan Video Game


Ada sebuah saluran televisi yang khusus menyiarkan sebuah permainan yang disebut dengan nama Paduk. Ini sebuah permainan yang mirip seperti permainan catur. Selain itu ada saluran TV lainnya yang hanya menayangkan kegiatan para remaja bermain video game.

Tayangan iklan di TV lebih lama
Di Indonesia maupun di banyak Negara lainnya, tayangan iklan di TV bisa dipastikan durasinya lebih sedikit dibandingkan dengan durasi acara utama. Tapi di Korea Utara justru sebaliknya, tayangan komersial (iklan) justru yang memiliki durasi lebih banyak. Hingga acara utamanya terasa hanya sebagai selingan.

Negara dengan banyak loudspeaker
Ian Scot mengatakan, di negara-negara lain ia belum pernah melihat begitu banyak loudspeaker yang dioperasikan di jalan-jalan seperti di Korea Utara. Hampir di sepanjang jalan yang dilaluinya ia menjumpai banyak pengeras suara dengan volume maksimum yang mengiklankan berbagai produk dagangan. Dari bawang hingga produk komputer. Loudspeaker-loudspeaker di sekolah-sekolah bahkan lebih nyaring lagi. Mengumandangkan lagu anak-anak, instruksi-instruksi tentang peraturan sekolah dengan suara yang menggelegar.

Negara dengan istana-istana besar


Yang unik dan aneh di Korea Utara Negara dengan bangunan hotel tertinggi
Pernah mendengar nama Ryugyong Hotel? Konon bangunan ini sering diolok-olok dengan sebutan The Pyongyang Ghost Tower. Sebuah bangunan setinggi 330 meter yang direncanakan sebagai hotel dan terletak di kota Pyongyang. Pembangunannya dimulai pada tahun 1987 dan karena pemerintah mengalami kesulitan keuangan, proyek ini terhenti pada tahun 1992. Dan baru pada bulan April 2008 yang lalu pembangunannya dilanjutkan lagi. Bayangkan, selama 16 tahun bangunan raksasa ini terbengkalai. Dikabarkan hotel dengan kapasitas 3.000 kamar ini direncanakan akan rampung pada tahun 2012.

Tidak menggunakan pisau
Di Korea Utara, orang tidak menggunakan pisau untuk memotong bahan-bahan makanan seperti mie, sayuran, daging, dan sebagainya. Mereka menggunakan gunting panjang. Anda dapat melihat pemakaian gunting itu saat bersantap pada semua restoran di negeri itu. Ian Scot sendiri berpendapat bahwa pemakaian gunting itu terasa lucu tapi masuk akal. Memang lebih mudah memotong bahan-bahan makanan tertentu dengan menggunakan gunting dibanding dengan menggunakan pisau.

Tidak ada mobil-mobil buatan Jepang
Korea menjadi satu-satunya negara yang tidak memiliki mobil-mobil buatan Jepang yang berkeliaran di jalan-jalan di negara itu. Mobil-mobil buatan Negara lain pun tidak akan kita jumpai. Semua mobil harus buatan Korea Utara.

Nomor-nomor rumah yang membingungkan
Di banyak negara, termasuk Indonesia, penomoran rumah sebagai alamat biasanya dilakukan dengan urut. Jika rumah Anda bernomor 27 maka rumah di sebelah akan bernomor 28, contohnya seperti itu. Tapi penomoran rumah secara urut seperti itu tidak berlaku di Korea Utara. Bisa saja terjadi di sebelah rumah bernomor 1 adalah rumah dengan nomor 88, sementara rumah dengan nomor 2 justru berada di ujung jalan. Setelah diperhatikan, ternyata penomoran rumah disesuaikan dengan usia rumah tersebut. Sebuah rumah yang berusia paling tua yang terletak di sebuah jalan maka rumah itu akan diberi nomor 1. Rumah dengan nomor 2 adalah rumah yang dibangun setelah rumah yang bernomor 1 tadi. Begitulah seterusnya.

North Korean Trafic Lady
Istilah Trafic Lady hanya ada di Korea Utara, khususnya di kota Pyongyang. Konon tidak ada lampu lalu-lintas di jalanan kota itu sehingga di setiap persimpangan jalan yang strategis selalu di tempatkan petugas polisi yang biasanya seorang wanita untuk mengganti tugas lampu lalu-lintas di jalanan tersebut.


Korea SELATAN


  1. Korea Selatan memiliki pemerintahan Republik, dengan wewenang dan kekuasaan bersama antara Presiden, Legislatif dan Pengadilan.

    2. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul, yang merupakan kota terbesar di negara ini.

    3. Tingkat emigrasi Korsel adalah salah satu yang tertinggi di dunia, dengan sebagian besar migrasi ke China, USA, Jepang dan negaa-negara Uni Soviet.

    4. Korsel memiliki infrastruktur IT yang canggih dan terkenal di dunia teknologi informasi, dengan merek terkemuka seperti Samsung dan LG.

    5. Korsel adalah satusatunya negara yang membanggakan DMB, WiBro dan 100 MB/s Broadband… dengan kata lain, koneksi internetnya kencenggggggggg….

    6. Korea Selatan merupakan salah satu dari 5 pembuat mobil paling populer didunia, seperti Hyundai dan Kia.

    7. Korsel juga mendapatkan kredit untuk menjadi pembuat kapal terbesar didunia.

    8. POSCO, produsen baja terbesar ketiga didunia, berada di Korea Selatan.

    9. Korea Selatan adalah kontraktor konstruksi terkemuka di dunia, dengan membangun beberapa bangunan dunia yang paling menonjol, seperti Burj Dubai dan Taipei 101.

    10. Snuppy, anjing pertama hasil kloning di dunia (Afghan Hound), diciptakan di Seoul National University (SNU) di Korea Selatan.

    11. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) mengembangkan robot humanoid, HUBO.

    12. Ever-1 adalah android (robot yang diciptakan menyerupai manusia) wanita kedua yang dikembangkan oleh para ilmuan dari Korea Selatan.

    13. Korsel memiliki 6.228 km garis pantai dan hampir 3000 pulau yang terletak terutama di laut kuning dan selat korea.

    14. Total luas Koreaa Selatan adalah 38,642.49 mil persegi.

    15. Titik tertinggi di korsel adalah Hallasan, sebuah gunung berapi yang berada pada ketinggian 1.950 m.

    16. Korea Selata dikenal juga dengan sebutan “Hermit Kingdom” dan “Land of the Morning Calm”.

    17. Lagu Kebangsaan korsel adalah “Aegukka” (The sog of Love of Country).

    18. Bahasa korea adalah bahasa utama dan bahasa inggris diajarkan secara luas di sekolah2.

    19. Terdapat sekitar 1.300 huruf cina yang digunakan dalam bahasa koreamodern.

    20. memiliki 63 surat kabar harian.

    21. Di korsel, ketika masuk kedalam rumah halpertama yang harus dilakukan adalah membuka sepatu.

    22. 63% orang korea selatan membayar tagihan melalui telpon ( bayar listrik dll).

    23. Salah satu hidangan populer di Korea Selatan adalah cumi-cumi yang dimakan hidup-hidup.

    24. Wanita korea memakai gaun, rokdan sepatu hak tinggi dihampir setiap kesempatan.

    25. Jika suka berkaraoke, Korea Selatan adalah tempat yang tepat



Fakta Tentang Orang Korea


1. Orang-orang Korea biasa memberikan salam saat perkenalan, sebelum makan, sesudah makan, ketika berpamitan, ketika tidur, dll, dengan cara menganggukkan kepala dan sedikit membungkukkan badan. Kepala di tundukkan sekitar 30-60 derajat selama 2-3 detik. Ini di lakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau di tuakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala, berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat. Ungkapan maaf juga biasanya di sertai dengan gerakan menundukkan kepala.
2. Dalam kehidupan sehari-hari, berjabat tangan juga lazim di lakukan orang-orang Korea. Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi akan mengajak berjabat tangan terlebih dahulu.
Berjabat tangan juga biasanya lebih banyak di pakai oleh pria sebagai ungkapan salam.
3. Di korea ketika pertama kali berkenalan, biasanya memberikan salam di lanjutkan dengan memperkenalkan diri. Tidak dianjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu, karena akan di anggap kurang sopan. Biasakan untuk memberi tambahan panggilan “ssi” yang artinya saudara / saudari agar terdengar lebih sopan. Demikian juga kepada orang yang lebih tua, kamu dapat menggunakan panggilan “seonsaengnim” yang artinya guru.
4. Di Korea suka diadakan pesta selamatan rumah baru, baik oleh orang yang baru pindah atau bagi pasangan yang baru menikah, yang di namakan “jibdeuriI”. Mereka mengundang teman-teman dekat, saudara, dan sejumlah tetangga ke rumah baru untuk merayakannya atau sekedar pesta biasa. Para tamu biasanya membawa tisu toilet, sabun deterjen, atau korek api. Adapun alasan mereka membawa barang-barang tersebut adalah :
a. TISU TOILET : melambangkan bahwa segala sesuatu akan berjalan mulus seperti tisu toilet yang larut dalam air.
b. SABUN DETERJEN : melambangkan harapan agar tuan rumah di limpahi uang sebanyak busa deterjen tersebut.
c. KOREK API : melambangkan harapan agar tuan rumah cepat kaya seperti cepatnya api menyala.
5. Mereka kalau sedang kesakitan atau kesemutan suka banget jilat jari terus disentuhin ke hidung.
6. Kebiasaan menggendong orang mabuk.
7. Kebiasaan makan mie langsung dari panci.
(Kepraktisan~ Kebanyakan panci yang digunakan adalah panci kuningan, which is lebih mudah dingin. Btw, mie Korea itu enak banget. Dan katanya sih kalau makan langsung bersama dari panci akan terasa kekeluargaannya~)
8. Kebiasaan makan mie bunyi “slurps”.
9. Bersendawa ternyata lazim bagi warga Korea, sebab sendawa dapat di maknai pula sebagai bentuk apresiasi terhadap juru masak.
10. Kebiasaan punya meja panjang.
11. Kebiasaan berkata “aigoo
(mirip dengan orang China kalau  “aiyo” atau “aiya”, di Indonesia seperti dengan akhiran “deh, kan, sih”)
12. Kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas.
(karena telinga itu merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya, kebiasaan ini hampir sama dengan kebiasaan orang Papua, my lecturer told me like that)
13. Kebiasaan memukul kepala.
mukul kepala adalah hal yang lumrah di Korea. Katanya sih kalau orang tua disana dengan menggebuk kepala anaknya biar pintar)
14.Kebiasaan sopan sama pembeli/pelanggan.
15. Orang-orang Korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya sampai kesedek liatnya apalagi kalau mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong-monyong, yang lebih parah lagi kalau sambil marah, makanan semua muncrat-muncrat, kasihan orang yang dimarahi
16. Kebiasaan gosok gigi.
17. Kebiasaan kalau lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang ingin meludah.
18. Kuat banget makan dan mabuk.
19. Kalau mematikan HP, batrenya langsung dicopot.
20. Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib.
21. Suka makan BAWANG PUTIH (dipercaya dapat menetralkan darah agar tidak darah tinggi) dan kebiasaan makan yang panas-panas (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur).
22. Kebanyakan cowok Korea tuh lebih perasa , romantis, penyabar dan rapuh hatinya daripada ceweknya.
23. Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya. Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.
24. Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yang menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa.
25. Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi (so for Moeslem, be careful)
26. Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk/menjauhkan dari rezeki.
27. Orang Korea saat menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa juga sudah main bentak dulu, ini yang bikin kesal sama orang Korea) tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.
28. Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat untuk menghilangkan stress dan penat.
29. Budaya Operasi plastik yang dilakukan oleh orang-orang di Korea. Di Korea 75% warganya telah melakukan operasi plastik.
(sebuah artikel menyebutkan bahwa hadiah kelulusan yang paling diimpikan siswa adalah operasi plastik)
30. Warga Korea Selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di dunia karena 81% dari penduduk Korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang suka bunuh diri) karena kehidupan Korea yang keras. (tapi yang tertinggi masih dipegang orang Jepang karena budaya “harakiri” mereka)
31. Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan 2 tangan.
32. Tidak merokok di bus, mobil, subway, taksi, di tempat bekerja, di depan orang tua dan di tempat dilarang merokok lainnya.
33. Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan.
34. Membiasakan antri dan tidak bergerombol apalagi berisik.
35. Masyarakat Korea Selatan mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin bekerja dan orang Korea Selatan terbiasa taat pada atasan, sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik 

0 komentar:

Poskan Komentar